Modul BDR Matematika ! Menentukan Dua Bangun Sebangun atau Tidak Materi Kesebangunan Kelas 9
Modul BDR - Materi modul BDR (Belajar Dari Rumah) kali ini tentang Bab
Kekongruenan dan Kesebangunan. Salah satu materi matematika untuk siswa
SMP kelas 9 sesuai kurikulum 2013.
Pada materi ini, siswa akan belajar mengenai kompetensi menentukan dua
bangun sebangun atau tidak sebangun. Siap belajar matematika ? Ayo simak
ulasan berikut ini.
Menentukan Dua Bangun Sebangun atau Tidak Materi Kesebangunan Kelas 9
Indikator :
- 3.6.4 Mengidentifikasi dua benda sebangun atau tidak.
- 3.6.5 Menjelaskan syarat-syarat/sifat-sifat dua bangun segi banyak yang sebangun.
Dua bangun datar yang mempunyai bentuk yang sama disebut Sebangun. Tidak
perlu ukurannya sama, tetapi sisi-sisi yang bersesuaian sebanding
(proportional) dan sudut-sudut yang bersesuaian sama besar. Perubahan bangun
satu menjadi bangun lain yang sebangun melibatkan perbesaran atau
pengecilan. Dengan kata lain dua bangun dikatakan sebangun jika memenuhi syarat:
(i) perbandingan panjang sisi yang bersesuaian senilai
(ii) sudut yang bersesuaian besarnya sama
Jika bangun ABCD dan EFGH memenuhi kedua syarat tersebut, maka bangun ABCD
dan EFGH Sebangun, dinotasikan dengan ABCD 〜 EFGH. Jika bangun ABCD dan
EFGH tidak memenuhi kedua syarat tersebut maka bangun ABCD dan EFGH Tidak
Sebangun, dinotasikan dengan ABCD ≁ EFGH.
Baca juga :
Perhatikan gambar di bawah ini.
Manakah pasangan persegi panjang yang sebangun? Jelaskan.
Periksa sudut-sudut yang bersesuaian. Ketiga gambar tersebut adalah persegi
panjang, maka besar setiap sudutnya adalah 90o. Sehingga, sudut-sudut yang
bersesuaian pasti sama besar yaitu 90o.
Periksa perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian:
- Persegi panjang (i) dan (ii)
Diperoleh bahwa perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian tidak sama. Jadi,
persegi panjang (i) dan (ii) tidak sebangun.
- Persegi panjang (i) dan (iii)
Tampak bahwa perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian tidak sama. Jadi,
persegi panjang (i) dan (iii) tidak sebangun.
- Persegi panjang (ii) dan (iii)
Tampak bahwa perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian senilai. Jadi, persegi
panjang (ii) dan (iii) sebangun. Ingat: EFGH sebangun dengan JKLI, tetapi
EFGH tidak sebangun dengan IJKL Jadi, pasangan persegi panjang yang sebangun
adalah persegi panjang (ii) dan (iii).
Soal Menentukan Dua Bangun Sebangun atau Tidak Materi Kesebangunan
Selesaikan soal-soal di bawah ini dengan benar dan sistematis.
1. Selidikilah apakah dua trapesium di bawah ini sebangun? Jelaskan.
2. Carilah pasangan bangun yang
sebangun di antara gambar di bawah ini.
Referensi & Sumber Gambar:
Subchan, dkk.2018.Matematika SMP/MTs Kelas IX.Jakarta:Kemendikbud
Ditunggu komentarnya gaess !