Kompetensi Dasar, Indikator, dan Tujuan Pembelajaran Bab Bangun Ruang Sisi Lengkung Kurikulum 2013 Revisi 2018
Bab Bangun ruang sisi lengkung merupakan Bab kelima atau bab terakhir dari rangkaian bab yang ada pada buku matematika kelas 9 kurikulum 2013 semester 1 revisi 2018.
Bab bangun ruang sisi lengkung memuat pembahasan 3 bangun ruang yaitu tabung, kerucut dan bola. Fokus utama dari materi ini adalah kompetensi siswa dalam menentukan luas permukaan dan volume ketiga bangun ruang tersebut.
Lebih jelas mengenai kompetensi apa saja yang diharapkan dari bab ini, berikut selengkapnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
4.7 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola) serta gabungan beberapa bangun ruang sisi lengkung.
3.7.2 Mengetahui jaring-jaring tabung dan kerucut.
3.7.3 Menentukan rumus luas permukaan tabung, kerucut, dan bola.
3.7.4 Menentukan rumus volume tabung, kerucut dan bola.
4.7.2 Menentukan volume dari gabungan beberapa bangun ruang sisi lengkung.
4.7.2 Menyelesaikan masalah sehari-hari berdasarkan hasil pengamatan yang terkait.
4.7.4 Menyelesaikan masalah sehari-hari berdasarkan hasil pengamatan yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi lengkung serta gabungan beberapa bangun ruang sisi lengkung.
3.7.1 Mengetahui definisi tabung, kerucut dan bola dan dapat memberikan contoh beberapa benda yang berbentuk tabung kerucut dan bola.
3.7.2 Mengetahui jaring-jaring tabung dan kerucut.
3.7.3 Menentukan rumus luas permukaan tabung, kerucut dan bola.
3.7.4 Menentukan rumus volume tabung, kerucut dan bola.
4.7.1 Menentukan luas permukaan dari gabungan beberapa bangun ruang sisi lengkung.
4.7.2 Menentukan volume dari gabungan beberapa bangun ruang sisi lengkung.
4.7.3 Menyelesaikan masalah sehari-hari berdasarkan hasil pengamatan yang terkait.
4.7.4 Menyelesaikan masalah sehari-hari berdasarkan hasil pengamatan yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi lengkung serta gabungan beberapa bangun ruang sisi lengkung.
Indikator dan tujuan pembelajaran di atas masih dapat bapak/ibu guru kembangkan sesuai kebutuhan pembelajaran.
Demikian sharing tentang Kompetensi Dasar, Indikator, dan Tujuan Pembelajaran Bab Bangun Ruang Sisi Lengkung Kurikulum 2013 Revisi 2018. Semoga bermanfaat.
Bab bangun ruang sisi lengkung memuat pembahasan 3 bangun ruang yaitu tabung, kerucut dan bola. Fokus utama dari materi ini adalah kompetensi siswa dalam menentukan luas permukaan dan volume ketiga bangun ruang tersebut.
Lebih jelas mengenai kompetensi apa saja yang diharapkan dari bab ini, berikut selengkapnya.
Kalau anda membutuhkan file ini maka tinggalkan jejak email anda di komentar ya! Kami akan berusaha segera mengirimkannya ke email anda. Anda juga dapat menunggu hingga kami siapkan link downloadnya.
Kompetensi Dasar, Indikator, dan Tujuan Pembelajaran Bab Bangun Ruang Sisi Lengkung Kurikulum 2013 Revisi 2018
Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar
3.7 Membuat generalisasi luas permukaan dan volume bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut dan bola).4.7 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola) serta gabungan beberapa bangun ruang sisi lengkung.
Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar 3.7
3.7.1 Mengetahui definisi tabung, kerucut dan bola.3.7.2 Mengetahui jaring-jaring tabung dan kerucut.
3.7.3 Menentukan rumus luas permukaan tabung, kerucut, dan bola.
3.7.4 Menentukan rumus volume tabung, kerucut dan bola.
Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar 4.7
4.7.1 Menentukan luas permukaan dari gabungan beberapa bangun ruang sisi lengkung.4.7.2 Menentukan volume dari gabungan beberapa bangun ruang sisi lengkung.
4.7.2 Menyelesaikan masalah sehari-hari berdasarkan hasil pengamatan yang terkait.
4.7.4 Menyelesaikan masalah sehari-hari berdasarkan hasil pengamatan yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi lengkung serta gabungan beberapa bangun ruang sisi lengkung.
Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi pada Bab 5 ini, siswa diharapkan dapat:3.7.1 Mengetahui definisi tabung, kerucut dan bola dan dapat memberikan contoh beberapa benda yang berbentuk tabung kerucut dan bola.
3.7.2 Mengetahui jaring-jaring tabung dan kerucut.
3.7.3 Menentukan rumus luas permukaan tabung, kerucut dan bola.
3.7.4 Menentukan rumus volume tabung, kerucut dan bola.
4.7.1 Menentukan luas permukaan dari gabungan beberapa bangun ruang sisi lengkung.
4.7.2 Menentukan volume dari gabungan beberapa bangun ruang sisi lengkung.
4.7.3 Menyelesaikan masalah sehari-hari berdasarkan hasil pengamatan yang terkait.
4.7.4 Menyelesaikan masalah sehari-hari berdasarkan hasil pengamatan yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi lengkung serta gabungan beberapa bangun ruang sisi lengkung.
Indikator dan tujuan pembelajaran di atas masih dapat bapak/ibu guru kembangkan sesuai kebutuhan pembelajaran.
Demikian sharing tentang Kompetensi Dasar, Indikator, dan Tujuan Pembelajaran Bab Bangun Ruang Sisi Lengkung Kurikulum 2013 Revisi 2018. Semoga bermanfaat.
Ditunggu komentarnya gaess !