[ADS] JUAL FOTO & VIDEO DI DREASMTIME

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Matematika Kelas 7, 8 dan 9 SMP Kurikulum Darurat 2020

Depositphotos
Menyikapi kondisi pandemi virus corona dan menindaklanjuti keputusan Mendikbud Nomor 719/P/2020 tentang pedoman pelaksanaan kurikulum pada satuan pendidikan dalam kondisi khusus maka Balitbang pun mengeluarkan keputusan Balitbang nomor 018/H/KR/2020 tanggal 5 Agustus 2020. Keputusan ini berisi tentang kompetensi inti & kompetensi dasar pelajaran pada kurikulum 2013 pada Paud, Dikdas, dan Dikmen berbentuk sekolah menengah atas untuk Kondisi Khusus.

Pada artikel ini anda dapat menyimak sebagian dari kompetensi-kompetensi tersebut. Artikel kali ini khusus menyajikan tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Matematika Kelas 7, 8 dan 9 SMP Kurikulum Darurat (dalam Kondisi Khusus) 2020.




Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Matematika Kelas 7

Kompetensi Sikap Spiritual Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
Kompetensi Sikap Sosial Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.


KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1 Menjelaskan dan melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dengan mengaitkannya pada garis bilangan dan memanfaatkan berbagai sifat operasi. 4.1 Menyelesaikan  masalah  yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan.
3.2 Menjelaskan himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan kosong, komplemen himpunan, dan melakukan operasi biner pada dua himpunan menggunakan masalah kontekstual. 4.2 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan kosong, komplemen himpunan dan operasi biner pada dua himpunan.
3.3 Menjelaskan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dan penyelesaiannya dengan mengaitkan pada pengertian bentuk aljabar dan operasi pada bentuk aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian).                4.3 Menyelesaikan  masalah  yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel.
3.4 Menjelaskan rasio dua besaran (satuannya sama dan berbeda) dengan fokus pada faktor skala dan proporsi, kecepatan dan debit. 4.4 Menyelesaikan  masalah  yang berkaitan dengan rasio dua besaran (satuannya sama dan berbeda) dengan fokus pada faktor skala dan proporsi, kecepatan dan debit.
3.5 Mengenal dan menganalisis berbagai situasi terkait aritmetika sosial (penjualan, pembelian, potongan, keuntungan, kerugian, bunga tunggal, persentase, bruto, neto, tara). 4.5 Menyelesaikan masalah berkaitan dengan aritmetika sosial (penjualan, pembelian, potongan, keuntungan, kerugian, bunga tunggal, persentase, bruto, neto, tara).
3.6 Mengaitkan rumus keliling dan luas untuk berbagai jenis segiempat (persegi, persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga 4.6 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan luas dan keliling segiempat (persegi, persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang- layang) dan segitiga
3.7 Menganalisis hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal. 4.7 Menyelesaikan  masalah  yang berkaitan dengan hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal.
3.8 Menganalisis hubungan antara data dengan cara penyajiannya (tabel, diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran). 4.8 Menyajikan dan menafsirkan data dalam bentuk tabel, diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran.

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Matematika Kelas 8

Kompetensi Sikap Spiritual Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
Kompetensi Sikap Sosial Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

 
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1 Membuat generalisasi dari pola pada barisan bilangan dan barisan konfigurasi objek. 4.1 Menyelesaikan  masalah  yang berkaitan dengan pola pada barisan bilangan dan barisan konfigurasi objek.
3.2 Menjelaskan kedudukan titik dalam bidang koordinat Kartesius yang dihubungkan dengan masalah kontekstual. 4.2 Menyelesaikan  masalah  yang berkaitan dengan kedudukan titik dalam bidang koordinat Kartesius.
3.3 Mendeskripsikan, menyatakan dan membedakan antara relasi dan fungsi (linier) dengan menggunakan berbagai representasi (kata-kata, tabel, dan grafik). 4.3 Menyelesaikan  masalah  yang berkaitan dengan relasi dan fungsi dengan menggunakan berbagai representasi.
3.4 Menganalisis fungsi linier (sebagai persamaan garis lurus) dan menginterpretasikan grafiknya yang dihubungkan dengan masalah kontekstual. 4.4 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan fungsi linear sebagai persamaan garis lurus.
3.5 Menjelaskan sistem persamaan linear dua variabel dan penyelesaiannya yang dihubungkan dengan masalah kontekstual. 4.5 Menyelesaikan  masalah  yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel.
3.6 Menjelaskan dan membuktikan teorema Pythagoras, dan identifikasi tripel Pythagoras. 4.6 Menyelesaikan  masalah  yang berkaitan dengan teorema Pythagoras dan tripel Pythagoras.
3.7 Membedakan dan menentukan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar (prisma, dan limas). 4.7 Menyelesaikan  masalah  yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar (prisma dan limas).
3.8 Menganalisis data berdasarkan distribusi data, nilai rata-rata, median, modus, dan sebaran data untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi. 4.8 Menyajikan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan distribusi data, nilai rata-rata, median, modus, dan sebaran data untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi.
3.9 Menjelaskan peluang empirik dan teoretik suatu kejadian dari suatu percobaan. 4.9 Menyelesaikan  masalah  yang berkaitan dengan peluang empirik dan teoretik suatu kejadian dari suatu percobaan.

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Matematika Kelas 9

Kompetensi Sikap Spiritual Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
Kompetensi Sikap Sosial Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

 
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1 Menjelaskan dan melakukan operasi bilangan berpangkat bilangan rasional dan bentuk akar, serta sifat-sifatnya. 4.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sifat-sifat operasi bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar.
3.2 Menjelaskan persamaan kuadrat dan karakteristiknya berdasarkan akar- akarnya serta cara penyelesaiannya. 4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan kuadrat.
3.3 Menjelaskan fungsi kuadrat dengan menggunakan tabel, persamaan, dan grafik. 4.3 Menyajikan fungsi kuadrat menggunakan tabel, persamaan, dan grafik.
3.4 Menjelaskan hubungan antara koefisien dan diskriminan fungsi kuadrat dengan grafiknya. 4.4 Menyajikan dan menyelesaikan masalah kontekstual dengan menggunakan sifat-sifat fungsi kuadrat
3.5 Menjelaskan transformasi geometri (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi) 4.5 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan transformasi yang dihubungkan dengan masalah kontekstual. geometri (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi).
3.6 Menjelaskan dan menentukan kesebangunan dan kekongruenan antar bangun datar. 4.6 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kesebangunan dan kekongruenan antar bangun datar.
3.7 Membuat generalisasi luas permukaan dan volume berbagai bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola). 4.7 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola), serta gabungan beberapa bangun ruang sisi lengkung.



File PDF Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Matematika Kelas 7 SMP Kurikulum Darurat 2020 dapat ditemukan di sini.

File PDF Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Matematika Kelas 8 SMP Kurikulum Darurat 2020 dapat ditemukan di sini.

File PDF Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Matematika Kelas 9 SMP Kurikulum Darurat 2020 dapat ditemukan di sini.

Demikian Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Matematika Kelas 9 Kurikulum Darurat 2020. Semoga bermanfaat.
Download Free Fonts Now

You might like :

0 Komentar untuk "Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Matematika Kelas 7, 8 dan 9 SMP Kurikulum Darurat 2020"

Ditunggu komentarnya gaess !

Widget Iklan Bawah Blog