Modul BDR Matematika ! Menentukan Dua Bangun Kongruen atau Tidak Kongruen Kelas 9
![]() |
Ilustrasi Kekongruenan / Gambar : Buku Matematika K13 Kelas 9 |
Modul BDR - Materi modul BDR (Belajar Dari Rumah) kali ini tentang Bab
Kekongruenan dan Kesebangunan. Salah satu materi matematika untuk siswa SMP
kelas 9 sesuai kurikulum 2013.
Pada materi ini, siswa akan belajar mengenai kompetensi mengidentifikasi dua
bangun kongruen atau tidak. Siap belajar matematika ? Ayo simak ulasan berikut
ini.
Baca juga :
Menentukan Dua Bangun Kongruen atau Tidak Kongruen Kelas 9
Indikator :
Mengidentifikasi dua bangun kongruen atau tidak.
Perhatikanlah beberapa pasangan bangun berikut ini. Gambar di bawah ini
adalah contoh pasangan bangun yang kongruen.
![]() |
Pasangan bangun yang kongruen |
![]() |
Pasangan bangun yang kongruen |
Gambar di bawah ini adalah contoh pasangan bangun tidak kongruen.
![]() |
Pasangan bangun yang tidak kongruen |
![]() |
Pasangan bangun yang tidak kongruen |
Baca juga :
Tugas Menentukan Dua Bangun Kongruen atau Tidak Kongruen
Diskusikan dengan teman sekelasmu.
1. Tuliskan pasangan bangun yang kongruen!
2. Mengapa bangun-bangun pada Gambar 4.6 kongruen, tetapi bangun-bangun pada Gambar 4.7 tidak kongruen? Berikan paling sedikit 2 alasanmu!
3. Syarat apakah yang dipenuhi oleh bangun-bangun pada Gambar 4.6 yang tidak dipenuhi oleh bangun-bangun pada Gambar 4.7?
4. Carilah 2 contoh pasangan bangun datar yang tidak kongruen! Gambarkan bangun-bangun tersebut!
Baca juga :
Kunci Jawaban Soal Menentukan Dua Bangun Kongruen atau Tidak Kongruen
1. Pasangan bangun yang kongruen adalah A – D – M, I – L, dan C – O.
2. Kongruen karena :
- Bentuknya sama , dan
- Ukurannya sama
3. Syarat yang tidak terpenuhi adalah :
- Bentuknya tidak sama atau
- Ukurannya tidak sama
Demikian, semoga bermanfaat.
Referensi :
Subchan, dkk.2018.Matematika SMP/MTs Kelas IX.Jakarta : Kemdikbud
Ditunggu komentarnya gaess !