Kompetensi Dasar, Indikator, dan Tujuan Pembelajaran Bab Transformasi Kurikulum 2013 Revisi 2018
Setelah mempelajari
Bab Persamaan dan Fungsi Kuadrat
maka selanjutnya adalah Bab Transformasi pada buku matematika kelas 9
kurikulum 2013 semester 1 revisi 2018.
Lebih jelas mengenai kompetensi apa saja yang diharapkan dari bab ini, berikut
selengkapnya.
Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah, menyaji, dan menalardalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
Kompetensi Dasar
3.7 Menjelaskan transformasi geometri (refleksi, translasi, rotasi,
dan dilatasi) menggunakan masalah kontekstual.
4.7 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan
transformasi geometri (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi).
Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar 3.7
3.7.1 Mengenali garis simetri serta menentukan banyak simetri lipat suatu
benda.
3.7.2 Menjelaskan definisi refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi pada
suatu benda.
3.7.3 Menentukan pasangan bilangan translasi yang menggerakan suatu
benda.
3.7.3 Menentukan apakah suatu dilatasi termasuk pembesaran atau pengecilan.
3.7.4 Menentukan faktor skala untuk suatu dilatasi yang diberikan.
3.7.5 Menjelaskan langkah-langkah mendapatkan bayangan benda hasil
transformasi berulang.
Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar 4.7
4.7.1 Melukis bayangan benda hasil transformasi (refleksi, translasi,
rotasi, atau dilatasi).
4.7.2 Melukis dan menentukan koordinat bayangan benda hasil transformasi
(refleksi, translasi, rotasi, atau dilatasi) pada koordinat kartesius.
4.7.3 Melukis dan menentukan koordinat bayangan benda hasil transformasi
berulang.
4.7.4 Menyelesaikan masalah sehari-hari berdasarkan hasil pengamatan yang
terkait penerapan konsep transformasi.
4.7.5 Menerapkan transformasi dalam masalah nyata (seni dan alam).
Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi pada Bab 3 ini, siswa diharapkan dapat:
3.7.1 Mengenali garis simetri serta menentukan banyak simetri lipat suatu
benda.
3.7.2 Menjelaskan definisi refleksi, translasi, rotasi, dan
dilatasi pada suatu benda.
3.7.3 Menentukan pasangan bilangan translasi yang menggerakan
suatu benda.
3.7.4 Menentukan faktor skala untuk suatu dilatasi yang
diberikan.
3.7.5 Menjelaskan langkah-langkah mendapatkan bayangan benda hasil
transformasi berulang.
4.7.1 Melukis bayangan benda hasil transformasi (refleksi, translasi,
rotasi, atau dilatasi).
4.7.2 Melukis dan menentukan koordinat bayangan benda hasil transformasi
(refleksi, translasi, rotasi, atau dilatasi) pada koordinat kartesius.
4.7.3 Melukis dan menentukan koordinat bayangan benda hasil transformasi
berulang.
4.7.4 Menyelesaikan masalahsehari-hari berdasarkan hasil pengamatan yang
terkait penerapan konsep transformasi.
4.7.5 Menerapkan transformasi dalam masalah nyata (seni dan alam).
Demikian Kompetensi Dasar, Indikator, dan Tujuan Pembelajaran Bab
Transformasi Kurikulum 2013 Revisi 2018. Semoga bermanfaat.
Ditunggu komentarnya gaess !