[ADS] JUAL FOTO & VIDEO DI DREASMTIME

Kompetensi Dasar, Indikator, dan Tujuan Pembelajaran Bab Persamaan dan Fungsi Kuadrat Kurikulum 2013 Revisi 2018

Depositphotos
Setelah mempelajari Bab Perpangkatan dan bentuk akar maka selanjutnya adalah Bab Persamaan dan Fungsi Kuadrat pada buku matematika kelas 9 kurikulum 2013 semester 1 revisi 2018.

Grafik Fungsi Kuadrat

Lebih jelas mengenai kompetensi apa saja yang diharapkan dari bab ini, berikut selengkapnya.

Kalau anda membutuhkan file ini maka tinggalkan jejak email anda di komentar ya! Kami akan berusaha segera mengirimkannya ke email anda. Anda juga dapat menunggu hingga kami siapkan link downloadnya.

Baca juga : Kompetensi Dasar, Indikator, dan Tujuan Pembelajaran Bab Bangun Ruang Sisi Lengkung Kurikulum 2013 Revisi 2018


Kompetensi Dasar, Indikator, dan Tujuan Pembelajaran Bab Persamaan dan Fungsi Kuadrat Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Kompetensi Inti

1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. 
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. 
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. 
4. Mengolah, menyaji, dan menalardalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai  memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar

3.2  Menjelaskan persamaan kuadrat dan karakteristiknya berdasarkan akar-akarnya serta cara penyelesaiannya. 
3.3  Menjelaskan fungsi kuadrat dengan menggunakan tabel, persamaan, dan grafik. 
3.4 Menjelaskan hubungan antara koefisien dan diskriminan fungsi kuadrat dengan grafiknya. 
4.2  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan kuadrat. 
4.3  Menyajikan fungsi kuadrat menggunakan tabel, persamaan, dan grafik. 
4.4 Menyajikan dan menyelesaikan masalah kontekstual dengan menggunakan sifat-sifat fungsi kuadrat.

Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar 3.2 

3.2.1   Menentukan akar persamaan kuadrat dengan memfaktorkan. 
3.2.2 Mengidentifikasi jumlah dan hasil kali akar-akar dari persamaan kuadrat berdasarkan koefisien-koefisiennya. 
3.2.3   Menentukan akar persamaan kuadrat dengan melengkapkan kuadrat sempurna. 
3.2.4   Menentukan akar persamaan kuadrat dengan menggunakan rumus kuadratik (rumus abc). 
3.2.5 Mengidentifikasi karakteristik dari penyelesaian persamaan kuadrat dengan melihat nilai Diskriminannya.

Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar 3.3

3.3.1 Menentukan nilai optimum dari fungsi kuadrat. 
3.3.2 Membuat sketsa grafik fungsi kuadrat.

Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar 3.4 

3.4.1 Menjelaskan pengaruh dari koefisien x2 pada fungsi kuadrat f(x) terhadap karakteristik dari grafik fungsi f(x). 
3.4.2 Mengidentifikasi sumbu simetri dari grafik fungsi kuadrat f(x) dengan memperhatikan nilai dari koefisien x2 dan x.
3.4.3 Menjelaskan hubungan antara nilai diskriminan dan titik potong grafik fungsi kuadrat terhadap sumbu-x. 

Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar 4.2 

4.2.1  Menyajikan masalah kontekstual dalam bentuk persamaan kuadrat. 
4.2.2  Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan persamaan kuadrat.

Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar 4.3

4.3.1 Menentukan fungsi kuadrat jika sudah diketahui grafiknya. 
4.3.2 Menentukan fungsi kuadrat jika diketahui titik puncak, titik potong, sumbu simetri atau beberapa titik pada persamaan kuadrat.

Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar 4.4

4.4.1  Menyajikan masalah kontekstual dalam bentuk fungsi kuadrat. 
4.4.2  Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan fungsi kuadrat. 

Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari materi pada Bab 2 ini, siswa diharapkan dapat: 

3.2.1 Menentukan akar persamaan kuadrat dengan memfaktorkan, jika diberikan persamaan kuadrat dan dikerjakan secara teliti. 
3.2.2 Mengidentifikasi jumlah dan hasil kali akar-akar dari persamaan kuadrat berdasarkan koefisien-koefisiennya, jika diberikan persamaan kuadrat dan dikerjakan secara teliti. 
3.2.3   Menentukan akar persamaan kuadrat dengan melengkapkan kuadrat sempurna, jika diberikan persamaan kuadrat dan dikerjakan secara teliti. 
3.2.4   Menentukan akar persamaan kuadrat dengan menggunakan rumus kuadratik (rumus abc), jika diberikan persamaan kuadrat dengan teliti. 
3.2.5 Mengidentifikasi karakteristik dari penyelesaian persamaan kuadrat dengan melihat nilai diskriminannya, jika diberikan persamaan kuadrat dan dikerjakan secara teliti. 
3.3.1 Menentukan nilai optimum dari fungsi kuadrat, jika diberikan fungsi kuadrat dan dikerjakan secara teliti. 
3.3.2 Membuat sketsa grafik fungsi kuadrat, jika diberikan fungsi kuadrat dan dikerjakan secara teliti. 
3.4.1 Menjelaskan pengaruh dari koefisien x2 pada fungsi kuadrat f(x) terhadap karakteristik dari grafik fungsi f(x), jika diberikan fungsi kuadrat dan dikerjakan secara teliti. 
3.4.2 Mengidentifikasi sumbu simetri dari grafik fungsi kuadrat f(x) dengan memperhatikan nilai dari koefisien x2 dan x, jika diberikan fungsi kuadrat dan dikerjakan secara teliti. 
3.4.3 Menjelaskan hubungan antara nilai diskriminan dan titik potong grafik fungsi kuadrat terhadap sumbu-x, jika diberikan fungsi kuadrat dan dikerjakan secara teliti.

4.2.1  Menyajikan masalah kontekstual dalam bentuk persamaan kuadrat, jika diberikan masalah kontekstual dan dikerjakan secara teliti. Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan persamaan kuadrat, jika diberikan masalah kontekstual dan dikerjakan secara teliti. 
4.3.1 Menentukan fungsi kuadrat jika sudah diketahui grafiknya,jika diberikan fungsi kuadrat dan dikerjakan secara teliti. 
4.3.2  Menentukan fungsi kuadrat jika diketahui titik puncak, titik potong, sumbu simetri atau beberapa titik pada persamaan kuadrat, jika diberikan fungsi kuadrat dan dikerjakan secara teliti. 4.4.1  Menyajikan masalah kontekstual dalam bentuk fungsi kuadrat, jika diberikan fungsi kontekstual dan dikerjakan secara teliti. 
4.4.2  Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan fungsi kuadrat, jika diberikan fungsi kontekstual dan dikerjakan secara teliti.

Download Free Fonts Now

You might like :

1 Komentar untuk "Kompetensi Dasar, Indikator, dan Tujuan Pembelajaran Bab Persamaan dan Fungsi Kuadrat Kurikulum 2013 Revisi 2018"

Ditunggu komentarnya gaess !

Widget Iklan Bawah Blog