Modul BDR Matematika ! Menentukan Dua Benda Kongruen atau Tidak Kongruen Kelas 9
![]() |
Ilustrasi Kekongruenan / Gambar : Buku Matematika K13 Kelas 9 |
Modul BDR - Materi modul BDR (Belajar Dari Rumah) kali ini tentang Bab
Kekongruenan dan Kesebangunan. Salah satu materi matematika untuk siswa SMP
kelas 9 sesuai kurikulum 2013.
Pada materi ini, siswa akan belajar mengenai kompetensi mengidentifikasi dua
benda kongruen atau tidak. Siap belajar matematika ? Ayo simak ulasan berikut
ini.
Baca juga :
Menentukan Dua Benda Kongruen atau Tidak Kongruen Kelas 9
Indikator :
- Mengidentifikasi dua benda kongruen atau tidak.
Bagaimana kamu dapat mengidentifikasi dua bangun datar dikatakan kongruen?
Supaya kamu dapat mengetahui dan memahami jawaban pertanyaan di atas, silakan
amati gambar-gambar di bawah ini dengan seksama.
![]() |
Gambar Sepasang mobil kongruen dan tidak kongruen |
Perhatikan pula pasangan di bawah ini dengan teliti.
![]() |
Gambar Sepasang kursi kongruen dan tidak kongruen |
![]() |
Dua pigura lukisan yang kongruen |
![]() |
Dua pigura lukisan yang tidak kongruen |
Bagaimana, apakah Kamu sudah tahu mengapa dua benda tersebut dikatakan
kongruen atau tidak kongruen?
Baca juga :
Tugas Mengerjakan Soal Menentukan Dua Benda Kongruen atau Tidak Kongruen
Gunakan Kalimatmu Sendiri Dalam Menjawab Soal-Soal di Bawah Ini !
1. Tuliskan pasangan gambar di bawah ini yang kongruen!
2. Tuliskan pasangan gambar di bawah ini yang kongruen!
3. Setelah mengamati gambar - gambar tersebut, menurutmu mengapa dua benda
atau lebih dikatakan Kongruen? Jelaskan dengan menggunakan kalimatmu
sendiri! Berikan paling sedikit 2 alasan!
4. Setelah mengamati gambar - gambar tersebut, menurutmu mengapa dua benda
atau lebih dikatakan Tidak Kongruen? Jelaskan dengan menggunakan
kalimatmu sendiri! Berikan paling sedikit 2 alasan!
5. Coba carilah contoh lainnya di sekitarmu. Kemudian diskusikan dengan
temanmu dan tuliskanlah jawabanmu tersebut.
Baca juga :
Kunci Jawaban Soal Menentukan Dua Benda Kongruen atau Tidak Kongruen
1. Pasangan gambar yang kongruen adalah a - j, b - i, c - f, d - g, e -
h.
2. Pasangan gambar yang kongruen adalah a - d - h, b - e - i, c - f - g.
3. Dua benda atau lebih dikatakan Kongruen jika :
- Bentuknya sama , dan
- Ukurannya sama
4. Dua benda atau lebih dikatakan Tidak Kongruen kalau :
- Bentuknya tidak sama atau
- Ukurannya tidak sama atau
- Bentuk dan ukurannya tidak sama
Baca juga :
Demikian, semoga bermanfaat.
Referensi & Sumber Gambar :
Subchan, dkk.2018.Matematika SMP/MTs Kelas IX.Jakarta : Kemdikbud
Ditunggu komentarnya gaess !