[ADS] JUAL FOTO & VIDEO DI DREASMTIME

Modul BDR Matematika ! Menentukan Panjang Sisi atau Besar Sudut Bangun Materi Kekongruenan Kelas 9

Depositphotos
Modul BDR - Materi modul BDR (Belajar Dari Rumah) kali ini tentang Bab Kekongruenan dan Kesebangunan. Salah satu materi matematika untuk siswa SMP kelas 9 sesuai kurikulum 2013.

Pada materi ini, siswa akan belajar mengenai kompetensi menentukan panjang sisi dan besar sudut dua bangun segi banyak yang kongruen. Siap belajar matematika ? Ayo simak ulasan berikut ini.


Menentukan Panjang Sisi atau Besar Sudut Bangun Materi Kekongruenan Kelas 9

Indikator :
  • Menentukan panjang sisi atau besar sudut yang belum diketahui dari dua bangun segi banyak yang kongruen.

CONTOH 1
 
Manakah pasangan persegi yang kongruen? Jelaskan !
Jawaban :
Pasangan persegi yang kongruen adalah (a) dan (c) karena :
  • Bentuknya sama yaitu persegi
  • Ukuran panjang sisi-sisi yang bersesuaian sama yaitu 8

CONTOH 2
Perhatikan gambar trapesium ABCD dan PQRS yang kongruen di bawah ini.
Jika panjang sisi AB = 40 cm, BC = 21 cm, RS = 16 cm, dan PS = 15 cm, tentukan panjang sisi AD, DC, PQ, dan QR. Jika besar ∠A = 60o, besar ∠B = 40o. Berapakah besar ∠R dan ∠S?

Jawaban :
Sisi-sisi yang bersesuaian adalah AB dan PQ, BC dan QR, CD dan RS, serta AD dan PS. Sehingga panjang sisi-sisi yang bersuaian sama panjang.
AD = PS = 15 cm
DC = RS = 16 cm
PQ = AB = 40 cm
QR = BC = 21 cm

Sudut-sudut yang bersesuaian adalah A dengan P, B dengan Q, C dengan R, dan D dengan S. Sehingga besar sudut-sudut yang bersesuaian sama.
Terlebih dulu cari m∠C :
m∠C + m∠B = 1800 (dua sudut dalam sepihak)
m∠C + 400 = 1800
m∠C = 1800 - 400 = 1400
Maka, m∠R = m∠C = 1400

Terlebih dulu cari m∠D :
m∠D + m∠A = 1800 (dua sudut dalam sepihak)
m∠D + 600 = 1800
m∠D = 1800 - 600 = 1200
Maka, m∠S = m∠D = 1200

Perlu diketahui bahwa besar ∠A ditulis dengan m∠A , begitu seterusnya dengan sudut yang lain.


Soal Menentukan Panjang Sisi atau Besar Sudut Bangun Materi Kekongruenan

1. Manakah pasangan bangun berikut ini yang kongruen dan tidak kongruen? Jelaskan.
2. Perhatikan dua gambar rumah tampak dari depan yang kongruen berikut ini.
  • Tentukan sisi-sisi yang bersesuaian.
  • Tentukan sudut-sudut yang bersesuaian.
  • Berapa panjang KJ, KL, dan LM?
3. Diketahui trapesium ABCD dan trapesium FEHG adalah kongruen. Jika  panjang  sisi  AD  =  12  cm, DC = 13 cm dan EF = 22 cm maka tentukan panjang EH.
4. Perhatikan gambar berikut ini.Jika dua gambar di samping kongruen, tentukan nilai u dan v pada gambar tersebut.
5. Trapesium pada gambar di samping ini kongruen.
Tentukan pernyataan berikut ini benar atau salah. Jelaskan !
  • Besar ∠ Z = 1400
  • Besar ∠C = 400
  • Sisi WZ bersesuaian dengan sisi CB
Referensi & Sumber Gambar :
Subchan, dkk.2018.Matematika SMP/MTs Kelas IX.Jakarta:Kemendikbud
Download Free Fonts Now

You might like :

0 Komentar untuk "Modul BDR Matematika ! Menentukan Panjang Sisi atau Besar Sudut Bangun Materi Kekongruenan Kelas 9"

Ditunggu komentarnya gaess !

Widget Iklan Bawah Blog